Macam Macam Tumbuhan Langka

Welwitschia Mirabilis

Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir!




Dionaea Muscipula


Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.



Rafflesia Arnoldii


Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.



Desmodium Gyrans


Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.



Euphorbia Obesa


Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.


The Genus Amorphophallus (Aroids Titan)




The genus Amorphophallus (umumnya dikenal sebagai "Titan Aroids") terdiri dari sekitar 170 spesies herba saat ini. Mayoritas spesies Amorphophallus terletak di dataran rendah subtropis dan tropis margin hutan dan terbuka, terganggu bintik hutan di seluruh Asia. Beberapa spesies ditemukan di Afrika (misalnya abyssinicus Amorphophallus, Barat ke Timur Afrika), Australia (diwakili oleh satu spesies, yaitu galbra Amorphophallus, Queensland, Australia Utara dan Papua New Guinea), dan Polinesia masing. Beberapa spesies seperti paeoniifolius Amorphophallus (Madagaskar ke Polinesia) berfungsi sebagai sumber makanan di seluruh wilayah Asia untuk umbi-umbian mereka dan telah dibudidayakan di daerah tropis untuk waktu yang lama. Sebuah daftar lengkap spesies Amorphophallus termasuk banyak foto Titan Aroids tersedia dari situs web Aroid International Society .

Seperti pada genera terkait lainnya dalam keluarga Aroid luas (Araceae), seperti Arisaema, Dracontium, dan Typhonium, sebagian besar spesies mengembangkan bulat, besar bawah tanah untuk umbi atau rimpang memanjang berdaging, yang berfungsi sebagai organ penyimpanan dan dapat memperoleh sampai dengan 60kg dan lebih dalam spesies tertinggi, seperti hewitii Amorphophallus (Sarawak, Malaysia Timur), Amorphophallus titanum (Sumatera, Indonesia), dan Amorphophallus gigas (Sumatera, Indonesia). Dalam sebagian besar spesies yang panjang, bertangkai, tunggal seperti payung, daun membedah dikembangkan setiap siklus tumbuh, hampir menyerupai sebuah pohon kecil di anggota raksasa genus ini. Pada spesies tertentu, seperti bulbifer Amorphophallus (luas di seluruh India) daun sekunder dapat berkembang di bawah kondisi pertumbuhan yang menguntungkan.



jatuh tempo pada tanaman menghasilkan perbungaan biasanya tunggal, terdiri dari seludang perbungaan luar kadang-kadang sangat berwarna-warni (pseudo petal) dan gagang batin, yang mungkin lebih pendek atau menonjol seludang perbungaan, biasanya dalam warna yang berbeda. Yang terakhir ini host bunga jantan dan betina cukup kecil pada dasarnya. Pada hari pembukaan bunga betina reseptif dan perbungaan menghasilkan aroma yang kuat terkadang sangat, agak tidak menyenangkan, yang sangat menarik bagi penyerbuk utama, seperti lalat, dan kumbang tertentu. Pada hari kedua bunga betina tidak menerima lagi, sedangkan serbuk sari bunga jantan melepaskan mereka. Setelah sukses penyerbukan bunga betina berkembang menjadi beberapa buah warna-warni, yang mungkin berisi 1 untuk jarang 2 atau 3 biji masing-masing. Dalam berry spesies kebanyakan oranye terang merah, sedangkan beberapa mungkin kebiruan-ungu (Amorphophallus kiusianus, Selatan Jepang, Cina Timur, dan Taiwan) atau jarang keputihan-hijau kekuningan-hijau. Para bulat telur sampai benih elips bagaimanapun berdaging dan tersebar oleh burung.

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsored KB

Sponsors

Sponsored

Welcome

Welcome alias selamad datang di go-Blog yg sederhana ini, semoga isi, luar dalem, kanan kiri, atas bawah, samping sebelah, depan belakang, bisa bermanfangat bagi pembaca / pengunjung sekaligus. Semua yang ada di g0-Blog ini, tak luput dari pengalaman si pembuat profil dan hasiL Copy paste dari Blog Blog yang postingannya menarik. Bukan maksud mengCopas, tp dengan maksud bisa menyebarkan lagi lebih luar ke masyarakat tentang artikel artikel didalamnya.

Selamat melihat - lihat. Thx.

Cari di Blog ini

Recomended

Followers

Total Tayangan Halaman